SMAN 14 Bandar Lampung Belajar Demokrasi dengan mengadakan kegiatan P5, Gelar Pemilihan Ketua OSIS Masa Bhakti 2024/2025


Bandar Lampung - SMA Negeri 14 Bandar Lampung menggelar pemilihan ketua OSIS di sekolah, Jum'at (23/8). Proses pemilihan dilakukan selayaknya pemilihan umum (Pemilu). Ada 3 calon ketua OSIS yaitu Fathan Raudha Aqila, Akhmad Rivaldo, dan M. Dirly Yaszani yang akan bersaing di pemilihan tersebut. Pemilih tak lain seluruh warga SMAN 14 yaitu peserta didik, guru, staf TU dan karyawan.


Acara dibuka oleh Pak Rizki Aditya Amarullah, S.Pd.I, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan pada sambutannya beliau mengatakan pemilihan ketua OSIS masa bhakti 2024/2025 dilakukan melalui proses demokrasi memberikan kesempatan bagi setiap peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Melalui pemilihan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap mencintai tanah air dan bangsa. 



Sebelum pemilihan berlangsung, masing-masing calon ketua OSIS menyampaikan visi misi didepan siswa-siswi di seluruh kelas dan dilanjutkan berorasi didepan guru di lapangan SMAN 14 Bandar Lampung. Hal ini dilakukan bertujuan agar para pemilih lebih kenal dengan calon yang ada sehingga mampu memantapkan dalam memilih nanti. 




Warga SMAN 14 yang hadir melakukan presensi kemudian mendapatkan kartu suara. Kemudian melakukan pencoblosan sesuai pilihan masing-masing dan diakhiri mencelupkan jari kelingking pada tinta sebagai tanda sudah memilih.





Kepala SMAN 14 Bandar Lampung, Ibu Sevensari, S.Pd., M.M., mengatakan pemilihan ketua OSIS masa bhakti 2024/2025 digelar sebagai bagian dari implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas 11 F dengan tema "SUARA DEMOKRASI" dan dilaksanakan secara langsung. Ini merupakan praktek demokrasi yang nyata. Tidak ada tipu-tipu, tidak ada lobying, semuanya murni. Dan praktek demokrasi ini juga merupakan instrumen penting dalam menjalankan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Suara Demokrasi dalam proses pemilihan ini adalah salah satu fondasi utama yang mewujudkan tujuan P5.





Dari hasil pemungutan suara, paslon 1 yaitu ananda Fathan Raudha Aqila meraih suara terbanyak. Fathan terpilih sebagai ketua OSIS  SMAN 14 Bandar Lampung  masa bhakti 2024/2025.




Keluarga besar SMAN 14 mengucapkan SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KETUA OSIS SMAN 14 BANDAR LAMPUNG. Semoga yang terpilih mampu menjalankan tugas dengan amanah dan SMAN 14 makin terdepan. (dk)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar